Kamis, 23 Agustus 2012

Data-Fakta Menarik Duel "El Clasico"


Data-Fakta Menarik Duel "El Clasico" 

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. (sumber: ESPN)
Dengan laga malam ini, FC Barcelona dan Real Madrid akan tercatat menjalani 220 duel El Clasico, dengan keunggulan tipis untuk Real.

Laga leg pertama Piala Super Spanyol antara tuan rumah FC Barcelona melawan Real Madrid, Kamis (23/8) malam atau Jumat dinihari WIB, di Nou Camp, memang bukanlah laga pembuka kompetisi Liga Spanyol musim ini yangsudah dimulai akhir pekan lalu.

Namun begitu, laga ini bisa dikatakan juga sebagai ajang tarung perdana (face to face) dua klub raksasa yang mendominasi La Liga tersebut. Sebuah pertarungan sengit yang juga sudah banyak dikenal sebagai duel El Clasico.

Berikut beberapa catatan menarik tentang El Clasico, sebagaimana data Infostrada yang antara lain sempat dirilis via Twitter menjelang pertarungan ini:

-Ini akan jadi laga El Clasico ke-220 dalam rentang 110 tahun persaingan kedua tim. Laga El Clasico pertama dalam sejarah adalah pada tahun 1902 (dengan hasil Barca 3-1 Real), yang ke-100 pada tahun 1969 (Real 3-3 Barca) dan yang ke-200 pada 2006 (Barca 1-1 Real).

-Catatan rekor pertemuan kedua tim di sepanjang sejarah El Clasico adalah Real Madrid sudah menang 87 kali, Barca 86 kali, sisanya seri.

-Pepe akan absen memperkuat Real Madrid kali ini karena cedera, dengan rekor sebelumnya sudah tampil di 13 duel El Clasico dengan 'prestasi' 9 kartu kuning dan 1 kartu merah.

-Ricardo Carvalho batal mengikuti laga El Clasico ke-8 dalam kariernya sejauh ini, setelah resmi dipinjamkan ke QPR. Dalam kiprahnya, Carvalho baru memenangi 1 laga El Clasico bersama Real, 3 kali imbang, serta menderita 3 kekalahan.

-Kiper sekaligus kapten tim Real Madrid, Iker Casillas, sudah menjalani 31 laga El Clasico versus Barca, dengan total kemasukan sebanyak 54 gol.

-Di antara bintang utama kedua klub, Cristiano Ronaldo tercatat mampu mencetak gol di 3 El Clasico terakhir yang dijalaninya, sementara Lionel Messi tidak mampu mencetak satu gol pun dalam 4 edisi terakhir.

-Untuk assist, Messi tercatat mampu mempersembahkan 3 umpan matang dalam 4 duel El Clasico terakhir, sedangkan Ronaldo tak memproduksi satu pun.

Sumber !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar