Kamis, 22 Agustus 2013

PANCASILA DI ERA REFORMASI



A. LAHIRNYA REFORMASI
Telah kita ketahui bersama bahwa pelaksanaan UUD 1945 dan pancasila pada masa orde lama dan orde baru telah terjadi deviasi oleh oknum-oknum penyelenggara pemerintah, sehingga mendorong terjadinya reformasi oleh mahasiswa dan tokoh-tokoh bangsa. Mereka menggangap bahwa Negara kita telah dilanda krisis, baik krisis dibidang ekonomi, politik , maupun kepemimpinan. Reformasi lahir dengan tujuan untuk memperbaiki krisis yang berkepanjangan, serta menata ke rah yang lebih baik.

B. PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA KETATANEGARAAN
Pancasila sebagai paradigma ketatanegaraan mengandung arti bahwa pancasila sebagai dasar Negara menjadi kerangka berpikir dalam melaksankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai dasar negara, Pancasila tercantum di dalam alinea IV pembukaan UUD 1945 yang merupakan landasan yuridis konstitusional dan dapat disebut sebagai ideologi Negara.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tata negara adalah seperangkat prinsip dasar yang mencakup peraturan susunan pemerintah, bentuk negara dan sebagainya yang menjadi dasar peraturan suatu negara. Ketatanegaraan adalah segala sesuatu mengenai tata negara. Menurut hukumnya, tata negara adalah suatu kekuasaan sentral yang mengatur kehidupan bernegara yang menyangkut sifat, bentuk, tugas negara dan pemerintahannya serta hak dan kewajiban para warga terhadap pemerintah atau sebaliknya

C. PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA DI BIDANG POLITIK.
Pancasila sebagai paradigma dalam bidang politik  memiliki penertian bahwa dalam melaksanakan kehidupan politik itu harus didasarkan pada pancasila. Pancasila berfungsi sebagai landasan dan sekaligus tujuan dalam kehidupan politik bangsa Indonesia. Hal ini tampak dalam keberhasilan bangsa Indonesia menjabarkannya menjadi program-program dan aturan-aturan permainan dalam proses mewujudkan dan mengembangkan jati diri bangsa sebagai sistem politik Demokrasi Pancasila.
D. PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA DIBIDANG EKONOMI
Pancasila sebagai paradigma di bidang ekonomi,yaitu mengandung pengertian bagaimana falsafah itu diimplementasikan secara riil atau dengan kata lain dalam pelaksanaan ekonomi di Indonesia harus sesuai dengan sila-sila yang ada pada pancasila. Kebijaksanaan yang selama ini diterapkan hanya mendasarkan pada pertumbuhan dan mengabaikan prinsip nilai kesejahteraan bersama seluruh bangsa, dalam kenyataannya hanya menyentuh kesejahteraan sekelompok kecil orang bahkan penguasa.

E. PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA DI BIDANG ILMU PENGETAHUAN
Pancasila sebagai suatu ideologi tidak bersifat kaku dan tertutup, namun bersifat reformasi, dinamis dan terbuka. Pancasila sebagai paradigma dalam bidang ilmu pengetahuan ,bahwa pemanfaatan dan pengembangan ilmu pengetahuan tidak boleh bertentangan dengan pancasila juga mendukung dalam mewujudkan nilai-nilai pancasila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar