Kamis, 22 Agustus 2013

pengertian organisasi



Pengertian Organisasi – Organisasi adalah entitas sosial yang memiliki tujuan kolektif dan terkait dengan lingkungan eksternal. Kata ini berasal dari kata Yunani, yaitu berasal dari kata ergon yang berarti “organ” – kompartemen untuk suatu tugas tertentu. Seperti telah diuraikan sebelumnya mengenai manajemen, pengorganisasian merupakan fungsi kedua dalam manajemen, dan pengorganisasian adalah proses kegiatan penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian, hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.
Ada beberapa jenis organisasi, seperti contohnya perusahaan, pemerintah, organisasi non-pemerintah, organisasi internasional, angkatan bersenjata, amal, kemitraan, koperasi, dan universitas. Sebuah organisasi hybrid adalah badan yang beroperasi baik di sektor publik dan sektor swasta secara bersamaan, memenuhi tugas publik dan mengembangkan kegiatan pasar komersial.

Pengertian Organisasi

Menurut wikipediapengertian organisasi adalah sebagai berikut.
Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon – alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis).

Pengertian Organisasi menurut para Ahli

Pengertian organisasi menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Pengertian organisasi menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Pengertian organisasi menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar