Sabtu, 21 September 2013

10 Penyebab Kebutuhan Setiap Individu Berbeda


Kebutuhan setiap orang tidaklah sama. Seperti contoh, kebutuhan orang yang tinggal di pedesaan berbeda dengan kebutuhan orang yang tinggal di perkotaan. Kebutuhan siswa SMP berbeda dengan kebutuhan siswa SMA. Kebutuhan seorang karyawan berbeda dengan kebutuhan pengusaha. Nah, jadi tidaklah mungkin ada manusia yang kebutuhannya selalu sama dengan orang lain. Nah, berikut adalah penyebab kebutuhan individu setiap orang berbeda:
  1. Keadaan alam. Keadaan alam membuat kebutuhan orang berbeda. Seperti orang yang tinggal di daerah dingin membutuhkan pakaian yang tebal sedangkan orang yang tinggal di daerah pantai cenderung membutuhkan pakaian yang tipis dan pendek.
  2. Jenis kelamin. Kebutuhan perempuan dan laki-laki tentu saja berbeda. Seperti dalam hal pakaian. Perempuan cenderung suka mengenakan asesoris pada tubuhnya.
  3. Profesi. Perbedaan profesi tentu saja membuat kebutuhannya juga berbeda. Seperti kebutuhan seorang akuntan berbeda dengan kebutuhan seorang manajer.
  4. Keinginan. Kebutuhan berbeda dengan keinginan. Setiap manusia pasti berbeda keinginannya. Hal ini juga dipengaruhi oleh promosi produk tertentu dan terpengaruh teman.
  5. Agama. Perbedaan agama membuat kebutuhan juga berbeda. Seperti perbedaan pakaian ibadah dan sarana ibadah.
  6. Gengsi. Sifat manusia selalu tidak ingin kalah dengan orang-orang di sekitarnya. Jadi, misalnya ada suatu trend di masyarakat, maka setiap orang pasti akan berlomba untuk menjadi yang tergengsi.
  7. Adat istadat. Setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda. Hal ini tentu membuat kebutuhan seseorang berbeda. Seperti perbedaan kebutuhan akan pesta perkawinan di beberapa daerah.
  8. Tingkat pendapatan. Tingkat pendapatan juga membuat kebutuhan setiap orang berbeda. Yang berpendapatan tinggi cenderung suka membeli barang mewah dengan harga yang cukup mahal. Sedangkan orang yang berpendapatan rendah hanya mampu membeli kebutuhan hidup sehari-harinya.
  9. Usia. Contohnya adalah kebutuhan akan susu. Biasanya susu untuk orang remaja yang berguna untuk pertumbuhannya berbeda dengan kebutuhan orang yang lanjut usia untuk menghindari osteoporosis.
  10. Hobi. Perbedaan hobi tentu saja membuat kebutuhan berbeda-beda. Penghobi tanaman hias tidak mungkin membutuhkan makanan kucing kecuali jika mereka juga penghobi kucing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar