Sabtu, 21 September 2013

Biografi C.Ronaldo



Nama lengkap : Cristiano Ronaldo dos Santos Aveirolahir
Tempat Tanggal Lahir : Funchal,5 Februari 1985
Kebangsaan : Portugal
Anak dari : Maria Dolores dos Santos Aveiro dan José Dinis Aveiro.
Kakak laki-laki : Hugo
Dua kakak perempuan : Elma dan Liliana Cátia.
Liliana Bekerja sebagai penyanyi dengan nama panggung “Ronalda” di Portugal.
Nama Cristiano (”Ronaldo”) cukup langka di Portugal. Saat ini ia bemain di klub Real Madrid di posisi sayap kiri,CR 9(CR Nine) adalah sebutan yang biasa disebut orang ketika bermain diReal Madrid!,sebelumnya adalah CR 7(CR Seven)!,angka yang ada dibelakang namanya,merupakan angka dari nomor punggungnya diklub!
Ronaldo ini merupakan anak kesayangan didalam keluarganya,dia selalu diberikan support dari keluarganya!,sejak kecil dia gemar bermain bola,setiap ada waktu dia mencoba bermain bola!,sampai2 ketika tidak ada bola,dia menggunakan kaus kaki teman2nya!
Nilai gaji nya ketika bermain diklub awalnya sporting lisbon,sama sekali tidak berarti dibanding gajinya diManchester United, gajinya mencapai 40 ribu euro (Rp 470 juta).
Ia memulai karir internasionalnya dengan membela tim nasional Portugal sejak tahun 2003. Cristiano Ronaldo mulai bermain sepakbola pada saat usianya 3 tahun!!wow muda sekali ya??. Tim favoritnya ketika masih muda adalah SL Benfica. Ia bermain untuk pertama kalinya dengan tim amatir, Andorinha, ketika usianya 8 tahun. Tahun 1995, reputasi Cristiano Ronaldo sudah berkembang di Portugal.
Dua tim sepakbola terkenal, CS Marítimo dan CD Nacional tertarik dengan Cristiano Ronaldo. Marítimo, tim terbesar tertinggal mengadakan rapat dengan manajer Andorinha, hasilnya Ronaldo masuk ke CD N
Pada tahun 2003, Ronaldo mendapat perhatian dari Sir Alex Ferguson, ketika Sporting mengalahkan Manchester United dengan skor 3-1 di inagurasi Alvalade XXI di stadium Lisbon.
Ferguson memutuskan menginginkan pemain muda untuk timnya,pilihan yang sangat tepat bukan??hehe. Ronaldo menandatangani kontrak dengan harga £12.24 juta. Debut pertamanya dengan Manchester United (MU) adalah pada saat melawan Bolton Wanderers di menit ke-60 di stadium Old Trafford dengan kemenangan MU 4-0.
Ronaldo menghantarkan Portugal ke Olimpiade Musim Panas 2004, dan ia menjadi skor tertinggi nomor dua di Kualifikasi Piala Dunia FIFA di zona Eropa dengan 7 gol. sampai tanggal 17 Juni 2005, skor Ronaldo adalah 11 gol dalam 25 pertandingan untuk Portugal.!
Ronaldo muda adalah seorang pelari yang sangat cepat, pemilik kaki nan gesit. Tapi Ronaldo muda juga begitu narsis, serakah, dan egois. Kalau sudah keasyikan, ia suka lupa pada rekan-rekan setimnya,kalau bisa bola itu dibawanya kerumah!!hehe
Namun Ronaldo juga bisa belajar, baik dari bertambahnya usia, pengalaman, dan didikan Fergie. Ronaldo yang sekarang adalah Ronaldo yang sudah lebih tahu bagaimana bermain untuk tim,dan bekerjasama. Yang tidak berbeda adalaRonaldo yang sekarang tetaplah pelari yang sangat cepat, pemilik kaki nan gesit, empunya gocekan-gocekan hebat.
Untuk membuktikan kecepatannya adalah,ketika itu dia pernah mengadu kecepatannya dengan sebuah mobil balap,dan hasilnya,kecepatannya hampir sama!!
Suksesnya di dalam stadion juga telah merambah ke luar lapangan. Dengan wajah ganteng dan bodi yang seksi, Cristiano Ronaldo itu mulai digila-gilai orang di seluruh dunia,lapalagi kaum hawa. Karena sudah jadi milik publik, kerap mengikuti acara-acara publik, dan sering dipublikasikan media, maka status selebritis sudah disandang Ronaldo.
Teman-teman dan ruang lingkup pergaulannya pun makin dekat dengan dunia entertainment. Gosip kedekatan Ronaldo dengan beberapa aktris terus jadi santapan empuk tabloid-tabloid kuning. Ia pernah menjalin hubungan khusus dengan presenter TV Spanyol Merche Romero, lalu model bernama Jordana Jardel. Belakangan ia sedang diisukan dekat dengan bintang TV Inggris Gemma Atkinson, serta “mengincar” artis-artis “bening” lain seperti Roxanne McKee, Bryony Seth, Georgina Walkter, dan Ali Bastian.


Karirnya :
* Klub Andorinha
* Klub CD Nacional (1995)
* Klub Sporting CP, 25 games, 3 gol (1999 – 2003)
* Manchester United, 134 games, 36 gol (2003 – 2009)
* Tim Nasional Portugal, 48 games, 19 gol (2003 – sekarang)
* Real Madrid, 7 games, 6 gol(2009-sekarang)
Penghargaan :
* Liga Premier FA, Manchester United (2006 – 2007)
* Piala FA, Manchester United (2004)
* Piala Liga Sepakbola, Manchester United (2006)
* Community Shield, Manchester United (2007)
* Pemain Terbaik PFA 2007
* Pemain Muda Terbaik PFA 2007
* Pemain Favorit Terbaik PFA 2007
* Tim Terbaik PFA Premiership (2005-2006,2006-2007)
* Penghargaan dari Asosiasi Football Writers’ (2007)
* Barclays Player of the Season (2006-2007)
* Barclays Player of the Month (November 2006, Desember 2006)
* PFA Fans’ Player of the Month (Oktober 2006, Februari 2007)
* Pemain Terbaik Manchester United (2006-2007)
* Pemain Terbaik Sir Matt Busby (2006-2007)
* Pemain Terbaik Portugal (2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar