Rabu, 09 Oktober 2013

SPESIAL: Susunan Tim Terbaik Asia September 2013 Versi Goal


Yuto Nagatomo memperkuat susunan tim terbaik September versi Goal Asia.

Inilah susunan lengkap tim terbaik Asia September 2013 versi Goal.
Redaksi Goal Asia telah menghimpun suara dan memilih susunan tim terbaik yang terdiri dari para pemain yang tampil cemerlang baik di klub maupun timnas masing-masing sepanjang bulan lalu.

Kali ini Indonesia kembali tidak mengirimkan perwakilan untuk mengisi salah satu posisi tim terbaik Asia yang kali ini menerapkan formasi 3-5-2. Afganistan yang menjuarai turnamen SAFF (South Asia Football Federation) mengirimkan dua wakil, yaitu di posisi kiper dan pelatih. Sementara Australia juga mengirimkan dua wakil mereka di tim ini.

Pemain yang paling mencolok tentu saja Yuto Nagatomo, pemain tim nasional Jepang yang tampil impresif sepanjang September bersama klub raksasa Italia, FC Internazionale.

Inilah susunan selengkapnya:
Susunan Tim Terbaik Asia September 2013

Kiper - Mansur Faqiryar
VfB Oldenburg, Afghanistan


Performa impresif Faqiryar menjadi salah satu alasan mengapa Afghanistan berhasil menjuarai turnamen SAFF. Ia tampil sangat luar biasa dalam pertandingan final menghadapi India dan mampu menjaga clean sheet meski timnya berada dalam tekanan hebat. Dia juga tampil istimewa di laga semi-final menghadapi Nepal di mana ia melakukan penyelamatan ketika timnya dihukum tendangan penalti.

Bek Tengah - Adelino Trindade
Dili United FC, Timor Leste


Pemain terbaik Timor Leste sejauh ini di Piala AFF U-19. Posisi regulernya adalah bek sayap, tetapi keputusan pelatih menempatkannya sebagai gelandang serang membuahkan hasil manis di beberapa laga. Adelino mencetak lima gol di turnamen itu termasuk hat-trick ketika menang 4-2 atas Laos untuk mengamankan posisi ketiga di turnamen.

Bek Tengah - Khaled Ibrahim
Al Qadsiya, Kuwait


Al Qadsia adalah satu-satunya tim di Kuwait yang tidak kemasukan di liga sejauh ini dan ini sebagian besar berkat tangguhnya lini pertahanan, terutama Khaled Mohammed Ibrahim. Khalid kemudian dipanggil ke skuat tim nasional Kuwait oleh pelatih Jorvan Vieira. Dia juga berperan krusial dalam keberhasilan timnya menembus semi-final Piala AFC.

Bek Tengah - Ali Adnan
Risa Spor, Irak


Talenta muda Irak ini mencetak gol pertama untuk Risa Spor ketika menghadapi Kayseri Spore, di mana timnya menang 2-1. Bek terbaik di Piala Dunia U-21 ini juga mencetak gol pembuka ketika menghadapi Gaziantep Sport. Ia juga menciptakan assist melawan Bursaspor dan berperan krusial saat timnya menahan imbang Galatasaray.

Gelandang Kanan - Robbie Kruse
Bayer Leverkusen, Australia


Setelah sempat kesulitan ketika pertama kali bergabung, Kruse kemudian menggenggam kesempatannya dengan baik. Ia mencetak dua gol dan menciptakan satu assist dalam laga debutnya sebagai starter di Leverkusen, saat timnya melibas Mainz 4-1.



Gelandang Tengah -  Park Kang Jin
Balestier Khalsa, Korea Selatan

Playmaker ini tampil sangat istimewa bersama The Tigers dalam empat laga sepanjang September kemarin. Pertama ia mencetak gol kemenangan menghadapi Albirex Niigata di semi-final Piala Liga, sebelum mencetak gol lagi ketika melawan Brunei DPMM di laga final. Dia juga terpilih menjadi MVP turnamen. Kemudian dia mencetak gol ketika timnya kalah 2-1 menghadapi Woodlands Wellington di liga, sebelum tampil cukup baik ketika Balestier menahan imbang tanpa gol Tampines Rovers. Performa konsistennya membuat ia mencolok di antara pemain lainnya.


Gelandang Tengah - Erik Paartalu
Tianjin Teda, Australia


Tianjin Teda mengawali musim ini dengan poin minus enam sebagai hukuman dari pengaturan skor, dan banyak pihak yakin mereka akan kesulitan musim ini. Tetapi Tianjin tampil sangat impresif di bulan September kemarin. Mereka menghadapi tim empat besar secara beruntun, dan menang di semua laga. 1-0 atas Guangzhou Evergrande, 3-2 menghadapi Jiangsu Sainty, 1-0 menghadapi Beijing Guoan dan 1-0 atas Guingzhou Renhe. Paartalu tampil impresif sebagai gelandang bertahan, dia juga mencetak gol ke gawang Guangzhou Evergrande dan mengakhiri catatan tidak terkalahkan di Chinese Super League.

Gelandang Tengah - Andranik Teymourian
Esteghlal, Iran


Mantan pemain Bolton ini benar-benar menjadi pekerja keras di lini tengah Esteghlal dan tembakan jarak jauhnya kerap menjadi ancaman untuk lawan-lawan mereka. Gol cantiknya menghadapi Buriram United mengamankan posisi timnya ke semi-final Liga Champions Asia.

Gelandang Kiri - Yuto Nagatomo
FC Internazionale, Jepang


Nagatomo beradaptasi dengan baik pada peran barunya di Inter, di mana ia tampil sebagai gelandang kiri dan bahkan beberapa kali sebagai bek kanan. Eks pemain FC Tokyo itu mencetak satu gol dan dua assist untuk Inter di bulan September, di tambah dengan umpan silang yang berujung dengan gol Keisuke Honda yang membuat Jepang menang atas Guatemala.

Penyerang Tengah - Nasser Al Shamrani
Al Hilal, Arab Saudi


Performa impresif Nasser Al Shamrani di timnas Arab Saudi juga ia boyong ke klub. Di mana ia mencetak empat gol dalam lima pertandingan terakhir bersama Al Hilal.

Penyerang Tengah - Teerathep Winothai
Bangkok Glass, Thailand


Mantan penyerang Crystal Palace ini kembali menjadi sorotan di bulan September atas performanya yang luar biasa. Ia mencetak enam gol sepanjang bulan September termasuk dua gol krusial yang membawa timnya  menang atas Insee Police United. Dia juga membawa timnya masuk ke final Piala FA untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Di Thai Premier League, The Rabbits menang lima kali dalam enam laga dan merangsek naik ke posisi empat, posisi terbaik tim sejak 2010 silam.

Pelatih - Youssuf Kargar
Afghanistan


Pelatih tim nasional Afganistan ini menciptakan sejarah setelah timnya berhasil memenangkan turnamen South Asian Football Federation (SAFF), di mana mereka mengalahkan India dengan skor 2-0 di pertandingan final, sekaligus untuk membalas dendam atas kekalahan mereka di final 2011 menghadapi lawan yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar